Profile


Sejarah Ponpes Mubarokul Ulum

     Pondok Pesantren Mubarokul Ulum Banjarharjo didirikan pada tahun 1996 M. oleh KH. R. Saeful Bahri, S.Pd.I, MM., berlokasi di Desa Penanggapan Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes. Pengambilan Nama Mubarokul Ulum berasal dari dua Nama Ponpes tempat KH. R. Saeful Bahri, S.Pd.I, MM., dan istrinya mondok disana yaitu Ponpes Al-Mubarokok Cibeureum Tasikmalaya dan Ponpes Riyadlul Ulum Condong Tasimalaya.
Pada Tahun 2000 Pesantren Mubarokul Ulum mendirikan TKA/TPA Mubarokul Ulum, kemudian pada Tahun 2006 Pesantren Mubarokul Ulum mendirikan Yayasan yang bernama Yayasan Ponpes Mubarokul Ulum dengan Akta Notaris TRI SAKTI HANDAYANI, SH, tanggal 13 Februari 2006 dan sekaligus mendirikan SMP Terpadu Mubarokul Ulum.
     SMP Terpadu Mubarokul Ulum Alhamdulillah telah meraih prestasi yang sangat menggembirakan baik prestasi akademik, maupun pendidikan akhlak bagi para siswa-siswinya.
Keberhasilan itu rupanya memicu tumbuhnya keinginan kuat dari wali murid SMP agar Yayasan Ponpes Mubarokul Ulum bisa juga menyempurnakannya dengan membuka pendidikan setingkat SMA untuk kelanjutan dan kesinambungan studi bagi anak-anak mereka.
Tentu saja kesinambungan ini tidak hanya sekedar kelanjutan jenjangnya, yang lebih panting adalah kesinambungan visi, misi dan jaminan kualitasnya.
Untuk mensikapi dukungan dan keinginan wali murid tersebut Yayasan Ponpes Mubarokul Ulum pada tahun 2009 menetapkan dimulainya persiapan SMA Mubarokul Ulum, dan langsung  dibuka pada tahun pelajaran 2010-2011
Untuk penyediaan Sumber daya yang berkualitas religius ahli fikir dan dzikir Mubarokul Ulum kini selalu berupaya meningkat kan mutu dan sekaligus memperbaharui model pendidikan agar para alumninya memiliki Kopetensi Integratif baik dalam penguasaan Pengetahuan Agama, Pengetahuan umum dan kecakapan teknologis. Mubarokul ulum kini mengembangkan tipe ideal model Pendidikan Pondok Pesantren yaitu Integratis Sistem Pendidikan Konvensional/Klasik dan Sistem Pendidikan Modern yang dimana tipe ini tidak akan merubah total wajah dan keunikan Sistem Pendidikan Pesantren menjadi sebuah Model Pendidikan Umum yang cendrung Reduksionistik terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Sistem Pendidikan Pesantren

Profil Ponpes Mubarokal Ulum

      Pondok Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan yang mengutamakan keterpaduan dimensi Iman, Ilmu dan Amal. Diharapkan dengan system ini dapat terciptanya generasi tangguh, berwawasan luas dan mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap kemajuan bangsa.
Pondok Pesantren Mubarokul Ulum yang berdiri pada awal tahun 2005, saat ini telah mengimplementasikan cita-cita luhur tersebut dengan pendidikan SMP dan SMA Terpadu yang merupakan perpaduan antara kurikulum Pondok Pesantren Salafiah, Pondok Pesantren Modern Gontor dan Kurikulum Pendidikan Nasional.
Kurikulum Pondok Salafiah terkosentrasikan pada kajian keagamaan / kitab kuning serta diwarnai pembiasaan kesalihan dalam kehidupan sehari-hari yang diwarnai dengan kesederhanaan dan kemandirian, sementara kurikulum Pondok Pesantren Modern Gontor terkosentrasikan pada penguasaan Bahasa Asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) dan penanaman wawasan berpikir dengan motto:
HIDUP SEKALI HIDUPLAH YANG BERARTI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar